Bagaimana Pelaku Bisnis di Facebook Merespons Virus Korona?
Facebook sebagai media sosial bukan hanya untuk menghubungkan teman dan kolega. Media sosial ini juga dimanfaatkan oleh sebuah usaha atau bisnis untuk terhubung dengan konsumen mereka kapanpun dan di manapun.
Di tengah wabah virus Korona (Covid-19) dilaporkan banyak sekali usaha atau bisnis tyang terkena dampak negatif. Di momen ini, media sosial menjadi cara berkomunikasi yang aman dan bisa diandalkan untuk bisa terus terhubung dengan konsumen.
Hal ini bisa membantu usaha atau bisnis tetap memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Facebook memberikan panduan bagi usaha atau bisnis untuk tetap menjaga kualitas layanan mereka di tengah wabah virus ini lewat media sosial.
1. Jaga keamanan diri Anda dan sadar akan pemberitahuan terbaru
Ketahui kabar mengenai situasi terbaru melalui sumber-sumber resmi yang terpercaya. Mengetahui lebih cepat bisa membantu Anda merespon dampak yang mungkin mempengaruhi bisnis Anda.
2. Pertimbangkan membuat penguman penting
Anda juga bisa memanfaatkan fitur pengumuan penting di halaman Facebook Profil Bisnis dari usaha atau bisnis Anda. Pengumuman ini akan bisa langsung terlihat di bagian atas halaman profil bisnis dan dilihat konsumen Anda.
Di sini Anda bisa menjelaskan tindakan yang usaha atau bisnis Anda ambil terkait situasi saat ini. Hal tersebut juga bisa membantu bisnis Anda menjawab banyak pertanyaan pelanggan.
3. Pertimbangkan saluran komunikasi alternatif
Apabila usaha atau bisnis Anda berniat menggelar sebuah acara di situasi saat ini. Anda bisa mempertimbangkan menggunakan saluran komunikasi alternatif yang lain, misalnya menggelar workshop atau seminar secara online.
Caranya dengan memanfaatk fitur sesi live di Facebook atau Instagram. Jadi pemilik usaha atau bisnis tetap bisa melakukan rencana kegiatan yang sudah dilakukan.
4. Tanggap menjawab pertanyaan konsumen Anda
Usaha atau bisnis Anda harus menyiapkan tim customer service yang dibekal panduan mengenai cara menjawab pertanyaan dari konsumen di situasi saat ini.
Anda juga harus memastikan bahwa sudah sangat siap dan aktif memberikan jawaban atas beragam pertanyaan di berbagai medium, misalnya direct message, Facebook Messenger, Instagram Direct dan lainnya.
5. Menyediakan informasi FAQ
Tidak ada salahnya apabila usaha atau bisnis Anda memuat informasi atau jawaban terkait pertanyaan yang paling banyak diajukan atau frequently asked questions. Hal ini akan memudahkan Anda sekaligus konsumen untuk tetap berkomunikasi dan menyediakan layanan.