Kreator YouTube Shorts Bisa Gunakan Musik Berlisensi hingga Satu Menit
Dalam upaya terbaru untuk menarik perhatian kreator TikTok beralih ke YouTube Shorts, YouTube mengumumkan bahwa kreator video berdurasi singkat ini akan segera dapat menggunakan musik dengan hak cipta hingga satu menit di konten Shorts mereka.
Perubahan ini menjadi peningkatan signifikan dari ketentuan sebelumnya yang memungkinkan kreator menggunakan lagu berlisensi dengan batas selama 15 detik. Mengutip Engadget, YouTube menyebut kreator video berdurasi singkat akan dapat menggunakan antara 30 hingga 60 detik dari lagu berlisensi pada sebagian besar lagu.
Namun, sejumlah lagu masih hanya dapat digunakan secara bebas dengan batas waktu 15 detik, dengan kesepakatan lisensi menentukan lagu yang tersedia di jendela tertentu. Kreator dapat secara cepat mengetahui durasi yang diizinkan setiap lagu melalui pemilih audio di aplikasi YouTube.
Opsi durasi lagu baru ini telah mulai digulirkan YouTube sejak tanggal 15 November dan akan terus dilakukan dalam beberapa pekan mendatang, di perangkat iOS dan Android. Peningkatan batas lagu ini adalah upaya terbaru YouTube untuk merayu kreator TikTok beralih ke Shorts.
Pada bulan September lalu, YouTube mengumumkan program pembagian pendapatan iklan untuk memberikan bagian 45 persen dari pendapatan iklan kepada kreator yang memenuhi syarat, terlepas dari penggunaan musik dalam video mereka.
TikTok turut meluncurkan program pembagian serupa pada awal tahun ini setelah menerima keluhan terkait pendekatan kumpulan uang statis sebelumnya. Pendekatan agresif YouTube dinilai sejumlah pihak telah membuahkan hasil, dengan jumlah nonton Shorts mengalami peningkatan dari lebih dari 1,5 miliar pengguna terdaftar per bulan.
Namun, mengingat dominasi keseluruhan YouTube di ranah video, angka tersebut diperkirakan termasuk pengguna yang telah menggunakan YouTube untuk menonton konten lain. Sementara itu pada bulan September 2021 lalu, TikTok mencapai satu miliar pengguna aktif bulanan.