Grab Business Forum 2023, Wadah Transformasi Digital Pelaku Bisnis
Grab mengadakan Grab Business Forum 2023 pada Kamis, 16 Maret 2023 lalu. Acara ini menjadi sebuah ajang diskusi dan berbagi para pemimpin perusahaan tentang peran digitalisasi. Mengusung tema Digital Forward: Bracing for Market Uncertainties, acara ini membahas bisnis-bisnis serta strategi dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.
Acara Grab Business Forum 2023 ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting: Masyita Crystallin, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dan Chatib Basri, Mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia.
Seperti biasanya, acara Grab Business Forum dibagi menjadi dua sesi acara, Executive Forum dan Business Talk bersama para pemimpin industri dan bisnis. Melalui acara ini juga terdapat puluhan pembicara terkemuka dari sektor pemerintahan, transportasi, teknologi, perbankan, kesehatan, dan energi dalam membagikan pandangan mereka tentang cara membangun ketangguhan bisnis melalui transformasi digital.
Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengungkapkan bahwa para pelaku bisnis di Indonesia harus mampu membangun ketangkasan bisnis dan sikap yang selalu optimis pada resiliensi ekonomi di Indonesia. Selain itu, ia percaya bahwa Indonesia mempunyai potensi yang besar dengan pertumbuhan proyeksi ekonomi menjadi 5 persen.
“Di tengah tantangan ekonomi global, kita harus membangun ketangkasan bisnis, juga kepercayaan dan optimisme terhadap resiliensi ekonomi tanah air. Indonesia masih memiliki potensi besar dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 5 persen pada 2023.” tutur Neneng.
Dalam mendukung pertumbuhan bisnis dan perusahaan, Grab sendiri menghadirkan GrabForBusiness sebagai platform untuk digitalisasi dan solusi bisnis untuk bisa mendorong efisiensi biaya, transparasi, dan keamanan. Layanan yang akan diberikan melalui GrabForBusiness akan semakin komprehensif dengan berbagai jasa yang diberikan oleh perusahaan.
Layanan-layanan yang bisa diberikan adalah pastinya dari transportasi (GrabBike dan GrabCar), pengantaran makanan (GrabFood), voucher hadiah digital (GrabGifts), pengiriman (GrabExpress), berbelanja (GrabMart), dan layanan lainnya (GrabMaps dan GrabAds).
Misi dari GrabForBusiness sendiri untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan akselerasi digital. Selain itu, akan selalu mengandalkan atau menerapkan teknologi AI, IoT, serta membangun teknologi GrabMaps.
Dikatakan juga bahwa GrabForBusiness telah menggandeng lebih dari 8.000 pelanggan perusahaan di seluruh Indonesia, hal tersebut dikonfirmasi dan dikatakan langsung oleh Roy Nugroho sebagai Director of GrabForBusiness.
Ia juga mengharapkan bahwa hadirnya acara Grab Business Forum ini bisa memberikan wawasan yang lebih kepada para pelaku bisnis di Indonesia. Selain itu, hadirnya acara ini juga memberikan pelaku bisnis terkait pentingnya digitalisasi sebagai kunci dalam meningkatkan kemampuan adaptasi dari bisnis yang sedang dijalani.