Facebook Siapkan Rp14 Triliun untuk Kreator Selama 2022
Facebook berencana untuk memberikan dana dengan jumlah total sebesar USD1 miliar (Rp14,5 triliun) selama tahun 2022 mendatang, dan separuhnya sebagai bagian dari upaya untuk menarik perhatian membuat konten ke berbagai layanannya.
Mengutip The Verge, dana tersebut akan diberikan kepada kreator yang menggunakan produk Facebook dalam berbagai cara. Di Facebook, kreator dapat memperoleh uang tambahan karena menampilkan iklan di video atau mencapai pencapaian tertentu selama siaran langsung.
Sedangkan pada Instagram, kreator akan mendapatkan bayaran jika mengaktifkan iklan di video IGTV, mendapatkan uang tip di Instagram, atau menciptakan video populer di Reels. Untuk saat ini, dana tersebut baru tersedia untuk kreator penerima undangan.
Facebook juga menyebut akan mengumumkan opsi baru guna mendapatkan dana tersebut dalam waktu dekat. Hal ini mengindikasikan bahwa Facebook akan memperluas cakupan opsi tersebut untuk lebih banyak kreator pada akhir tahun 2021 ini.
Perluasan cakupan tersebut akan dilakukan Facebook dengan meluncurkan lokasi khusus untuk bonus di dalam aplikasi Instagram pada musim panas mendatang, dan dalam aplikasi Facebook pada musim gugur.
Inisiatif ini ditujukan untuk menjadikan Facebook sebagai platform terbaik bagi jutaan kreator dalam mendapatkan penghasilan. CEO Facebook Mark Zuckerberg menyebut bahwa dana yang telah disiapkan pihaknya akan dicairkan pada akhir tahun 2022.
Langkah Facebook ini tergolong agresif setelah beberapa tahun perusahaan lain berupaya menjadi lokasi menarik bagi kreator untuk membangun platform dan bisnis. Baru-baru ini, aplikasi seperti TikTok dan Snapchat menawarkan untuk membayar pembuat konten langsung untuk memposting video sukses ke platform mereka.
Snapchat membayarkan sebesar USD1 juta (Rp14,5 miliar) per hari untuk kreator setelah kompetitornya, TikTok, meluncurkan Spotlight pada bulan November lalu, dan berlanjut hingga bulan Mei.
Juru bicara Snap menyebut bahwa perusahaannya akan melanjutkan upaya ini dengan membayarkan hingga jutaan dollar per bulannya. Facebook telah menawarkan sejumlah cara untuk membayar kreator, namun opsi tersebut berbeda di masing-masing layanan.
Dan sejumlah fitur seperti Reels diperkirakan tidak akan memberikan bayaran sama sekali untuk kreator konten.