Google Jelaskan Model Kerja Google Profil Bisnis
Google menegaskan komitmennya dalam membantu mendorong kehadiran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui berbagai upaya yang dihadirkan pada layanannya, salah satunya adalah Google Profil Bisnis.
Google Profil Bisnis membantu menyajikan informasi bisnis di Google Search dan Maps saat pelanggan menelusuri produk dan layanan mereka. Bisnis dapat langsung mengklaim, memverifikasi, dan mengedit profil mereka di Maps dan Search.
Selain itu, Google juga menyediakan situs Grow with Google, menyediakan sumber pelatihan online gratis sehingga bisnis dapat mempelajari kemampuan digital dan mulai menggunakan alat digital.
Google Profil Bisnis menghadirkan bantuan terhadap UMKM dengan memberikan informasi dan menunjukan identitas bisnis, seperti nomor telepon, jam buka, kebijakan kesehatan dan keamanan, serta logo, gambar dan foto.
Selain itu, Google Profil Bisnis juga membantu dalam menunjukan produk atau layanan, seperti informasi soal produk, layanan dan harga, serta penawaran dan promo khusus yang diberikan oleh bisnis.
Upaya Google ini juga membantu UMKM dalam menambahkan atribut fitur dan atribut, termasuk fitur aksesibilitas untuk semua kalangan. Selain itu, Google Profil Bisnis juga menghubungkan UMKM dengan pelanggan.
Produk yang sebelumnya bernama Google Bisnisku ini memungkinkan pemilik bisnis dan pelanggan untuk melakukan tanya-jawab, memberikan ulasan, chat secara langsung, memesan, dan meminta penawaran harga.
Pelanggan dapat menuliskan ulasan atas pengalaman mereka bersinggungan dengan bisnis, diharapkan dapat membantu calon pengunjung atau pelanggan bisnis dalam menentukan keputusan untuk turut berkunjung atau bertransaksi dengan bisnis.
Bagi bisnis, ulasan pelanggan di Google ini memungkinkan bisnis untuk mendengarkan dan menanggapi masukan pelanggan secara langsung. Sementara itu untuk memastikan ulasan relevan dan akurat, Google menggunakan perpaduan antara kebijakan, manusia dan teknolog.
Hal ini diklaim Google dilakukan untuk menjaga keandalan informasi di Google Search dan Maps, serta melindungi bisnis lokal dari penipuan dan penyalahgunaan.