Grab Gelar GrabMerchant untuk Dorong Transformasi Digital UMKM
Grab meluncurkan platform all-in-one bertajuk GrabMerchant. Platform ini ditujukan untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia dalam melakukan transformasi digital, berkembang di era ekonomi digital serta beradaptasi dengan tatanan baru.
“Platform GrabMerchant ini merupakan salah satu wujud dari komitmen jangka panjang kami ‘Grab for Good’ untuk membantu percepatan transformasi digital para UMKM di Indonesia, dengan menyediakan solusi bisnis yang mudah digunakan untuk membantu mereka memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online mereka secara mandiri,” ujar Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.
GrabMerchant mencakup aplikasi dan web portal dilengkapi dengan fitur yang diklaim memudahkan mitra merchant dalam menjalankan dan mengelola bisnis secara menyeluruh.
Grab menyebut aplikasi GrabMerchant membantu mitra merchant dalam mengelola operasional bisnis sehari-hari serta mengakses fitur penunjang pertumbuhan bisnis.
Sementara itu, web portal GrabMerchant disebut Grab menyediakan informasi komprehensif terkait kinerja bisnis di seluruh jaringan toko online yang dijalankan. Selain itu, GrabMerchant membantu UMKM untuk mendigitalisasi operasional termasuk menerima pembayaran digital melalui Ovo.
Platform ini juga diklaim memungkinkan UMKM mengakses fitur untuk mengoptimalkan bisnis online mereka. GrabMerchant didukung pendaftaran mandiri, hanya dengan mengunduh aplikasi dan mengikuti proses pendaftaran untuk membuka toko online dan mulai berjualan di GrabFood dalam waktu 24 jam.
Selain itu, GrabMerchant dilengkapi dengan tiga profil pengguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam menjalankan bisnis.
Profil Pemilik memberikan akses penuh ke layanan dan fitur GrabMerchant, dari manajemen operasional, pemantauan dan analisis kinerja bisnis, pelunasan pembayaran, manajemen inventaris, manajemen kampanye pemasaran, hingga pengajuan fasilitas keuangan.
Sedangkan Sedangkan Profil Pengelola Toko memungkinkan pengguna mengawasi dan mengelola operasional toko sehari-hari, dan Profil Kasir hanya memungkinkan pengguna memanfaatkan fungsi pembayaran dan pengelolaan pesanan.
Fitur Profil Pengguna ini diklaim Grab menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk pemilik usaha dengan cara membatasi akses karyawan ke informasi bisnis yang sensitif. GrabMerchant juga didukung oleh fitur Grosir, memungkinkan pengguna melengkapi persediaan bahan-bahan untuk menjalankan bisnis.
Dalam fitur ini, Grab bekerja sama dengan mitra penyedia bahan pokok di berbagai kota, seperti TaniHub dan Sayurbox. Dengan demikian, mitra merchant dapat membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga grosir, yang juga didukung layanan pengiriman barang satu hari sampai atau next-day delivery.
Layanan ini tersedia untuk 100.000 mitra merchant di beberapa wilayah di tujuh kota di Indonesia. Dan fitur Marketing dilengkapi Pengaturan Iklan, ditujukan untuk membantu bisnis mengembangkan iklan menarik dalam beberapa menit dengan biaya USD1 per hari.