Instagram Resmi Luncurkan Fitur Shopping di Indonesia

Instagram Resmi Luncurkan Fitur Shopping di Indonesia

Instagram secara resmi mengumumkan kehadiran fitur Shopping untuk seluruh akun bisnis dan kreator di Indonesia. Namun, pengguliran fitur ini disebut Instagram akan dilakukan secara bertahap, dan diharapkan dapat memaksimalkan strategi pemasaran di platform jejaring sosial tersebut.

“Fitur Shopping ini telah mulai dirilis untuk akun bisnis di Indonesia secara bertahap, yang kami harapkan dapat membantu usaha di Indonesia beralih ke ranah online terutama selama pandemi, terutama usaha mikro kecil menengah atau UMKM,” ujar Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian.

Pieter juga menyebut bahwa fitur Shopping ini juga akan tersedia di fitur Instagram TV (IGTV), sehingga Instagram dapat memberikan lebih banyak opsi untuk pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten menarik guna menjual produk.https://6b7d014a34f008dffc312e3ea6d24c82.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

Penggunaan fitur ini tergolong mudah, namun Instagram menyebut pebisnis perlu melalui sejumlah langkah untuk dapat memanfaatkan fitur Shopping. Langkah tersebut yaitu membuat toko via Commerce Manager terlebih dahulu, kemudian pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur ini.

Setelahnya, pelaku bisnis dapat mengakses profil dengan menekan ikon tiga baris di laman profil Instagram. Di laman tersebut, pilih Pengaturan, Bisnis dan klik Siapkan Instagram Shopping. Kemudian, pelaku bisnis perlu mengikuti langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun.

Proses peninjauan ini disebut Instagram dilakukan untuk menjaga keamanan pelaku bisnis di platform Instagram. Dan Instagram menegaskan bahwa seluruh proses peninjauan untuk permohonan pemanfaatan fitur Shopping ini dilakukan oleh manusia, ditujukan untuk meminimalisir kesalahan.

Dengan demikian, Instagram menyebut bahwa proses peninjauan ini membutuhkan waktu selama beberapa hari atau lebih lama. Untuk mengetahui status peninjauan akun bisnis, pelaku bisnis dapat mengakses fitur Belanja di Pengaturan.

Dan jika permohonan telah disetujui, pemilik akun bisnis dapat mengaktifkan fitur Shopping dengan mengakses pengaturan profil via ikon tiga baris di laman profil Instagram, lalu pilih Pengaturan, kemudian pilih Bisnis dan klik Shopping.

Apabila pelaku bisnis tidak dapat menemukan pilihan Shopping di menu Bisnis di Pengaturan, akun berpeluang masih dalam proses peninjauan, atau permohonan untuk mendapatkan Instagram Shopping ditolak.

Kemudian, pelaku bisnis dapat memilih Katalog Produk yang ingin dihubungkan dengan akun bisnis. Tekan Selesai dan pelaku bisnis dapat langsung menggunakan tag Shopping dalam unggahan mereka.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.