Kategori Elektronik Populer di Tengah Pandemi
Beberapa waktu lalu platform ecommerce dan marketplace lokal Tokopedia menggelar kampanye bernama Tokopedia Tekno. Di sini tersedia kurasi berisi ragam produk kategori elektronik dengan harga terjangkau sekaligus kualitas terbaik terutama dari pelaku usaha atau brand lokal.
Head of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra menyebut bahwa program Tokopedia Tekno hadir karena antusiasme masyarakat terhadap produk elektronik. Dia mengklaim kategori elektronik menjadi salah satu yang populer atau favorit di tengah pandemi tepatnya di kuartal kedua tahun 2021.
“Kami banyak melihat produk lokal indonesia bisa bersaing secara harga dan kualitas yang tinggi, makanya kita kasih panggung untuk penggiat usaha lokal termasuk kategori elektronik,” ungkapnya.
Sejumlah data menarik diungkapkan Tokopedia. Ada lima produk elektronik yang banyak dicari oleh pegguna Tokopedia yaitu earphone, speaker, mouse, charger, handphone, dan tripod handphone.
“Di Pulau Jawa terutama Jabodetabek adalah daerah dengan transaksi Tokopedia Tekno tertinggi di kuartal kedua tahun ini. Wilayah lain seperti di Indonesia timur dan Kalimantan mencatat peningkatan transaksi tokopedia yang sangat signifikan di momen yang sama,” jelas Fransiscus. Di kampanye ini Tokopedia juga menggandeng dua brand lokal yaitu Advan dan In-Lite.
Nama Advan sudah tidak asing di Indonesia, merek yang berbasis di Semarang ini menurut pengakuan sang CEO yaitu Chandra Tansri ikut merasakan peningkatan penjualan hingga empat kali lipat lewat berbagai program kampanye Tokopedia.
Merek In-Lite asal Sidoarjo ternyata merek lokal yang punya produk elektronik berupa pencahayaan seperti lampu dan lainnya tapi dilengkapi teknologi pintar, misalnya smart lamp, lampu darurat rumah model LED yang bisa otomatis menyala karena tertanam baterai, dan lainnya.
“In-Lite menghadirkan One Stop Lighting Solution untuk masyarakat Indonesia. Salah satu strategi kami tentunya dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia agar produk kami lebih dikenal dan bisa lebih luas menjangkau masyarakat. Terbukti pada masa pandemi ini, penjualan kami di Tokopedia dapat bertumbuh 250 persen,” klaim GM Marketing In-Lite, Fransiska Damarwan