Komunitas, Fokus Utama airasia Super App di Asia Tenggara
Capital A mengungkapkan visinya untuk memperkuat pengalaman berbasis komunitas di dalam airasia Super App.
Hal ini diwujudkan melalui peluncuran sejumlah fitur terbaru, seperti airasia chat, games, dan gifts yang memungkinkan anggota dari komunitas airasia untuk terhubung, bermain, dan saling berbagi.
Dalam konferensi pers peluncuran yang berlangsung di Malaysia, CEO of Capital A, Tony Fernandes mengatakan, kehadiran airasia community telah lama menjadi visinya, bahkan sejak mereka hanyalah sebuah maskapai, untuk menciptakan komunitas dan platform interaktif, terutama platform pengiriman pesan seperti airasia chat.
“Kini, airasia telah berevolusi menjadi sebuah travelsuper app, yang memungkinkan kami untuk mendorong dan memperkenalkan hal ini kepada dunia. Kami memiliki 51 juta basis data pelancong yang mencari konten, informasi, dan hiburan, dimana hal ini merupakan kesatuan dari pengalaman perjalanan mereka,” kata Tony.
“Pada dasarnya, pilar Komunitas ini atau yang kami perkenalkan sebagai airasia Republic adalah masa depan dari airasia Super App, serta bagian tak terpisahkan dari bisnis maskapai kami, dengan menyajikan ragam fitur untuk meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pengguna.
“Selain itu, kami akan terus memperluas ekosistem kami, menciptakan pengalaman interaktif yang berkelanjutan bagi pengguna, untuk menjadikan airasia community sebagai sebuah gaya hidup.”
Pengguna airasia Super App kini dapat mengatur profil sosial di dalam komunitas melalui bagian ‘Social Profile’. Bagian profil merupakan inti dari pengalaman komunitas. Pengguna dapat terlibat dalam percakapan secara langsung, berinteraksi dengan sesama anggota komunitas yang memiliki minat serupa, serta mempersonalisasikan konten yang ingin mereka terima.
Profil sosial akan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan pelancong lainnya, begitupun daftar kontak yang terdapat di dalam airasia chat. Pengguna dapat bergabung dengan lebih dari 20 komunitas aktif, mulai dari pecinta kuliner, wisatawan, hingga mereka yang menyukai petualangan.
airasia gifts (Mobile Gifting), salah satu fitur utama yang diluncurkan untuk meningkatkan pengalaman interaksi pengguna adalah mobilegifting’airasia gifts’ melalui kemitraan dengan Coop Marketing Group, penyedia voucher selular ternama di Korea Selatan yang juga memiliki jejak portofolio kuat di kawasan Asia Tenggara.
Melalui fitur ini, pengguna dapat mengirimkan mobilegiftinglintas negara dengan akses melalui laman airasia chat. Berbagai kategori hadiah yang tersedia meliputi layanan dan produk ekosistem airasia (Flights, Hotels, Food) gaya hidup (CGV, Cinema XXI), Fashion (Kanmo Group, MAP, Matahari).
Kemudian ada makanan dan minuman (Bakmi GM, Boga Group, Es Teler 77, Ismaya Group, Kopi Kenangan), Kecantikan dan kesehatan (BMS, Ogawa, Thai Paradise, Watsons). Serta lebih dari 300 merek ternama lainnya yang tersedia di Malaysia, Singapura, dan Indonesia.
President Digital & Commercial of Capital A, Colin Currie menuturkan, industri mobilegifting atau e-gifting global bernilai USD258 miliar pada tahun 2020 dan diproyeksikan akan mencapai USD1.101 miliar pada tahun 2030.
“Menyambut akhir tahun yang sarat akan berbagi hadiah, momen ini menjadi waktu yang tepat bagi kami untuk meluncurkan airasia gifts di Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Visi kami adalah mendorong keterlibatan pengguna pada aplikasi airasia, dan kedepannya mengembangkan hal ini menjadi sebuah platform periklanan kami sendiri.”