Pencipta TikTok Siapkan Pembunuh Instagram, Namanya Lemon8
Raksasa teknologi asal China, Bytedance punya senjata baru menantang Instagram. Bukan Tiktok, perusahaan itu menyiapkan media sosial bernama Lemon8.
Lemon8 yang disebut sebagai wadah komunitas gaya hidup cukup populer di Amerika Serikat (AS). Pada App Store negara tersebut, aplikasi berada pada posisi ke-8 untuk semua kategori termasuk game.
Peningkatan jumlah download aplikasi di App Store sangat luar biasa. Laporan Tech Crunch akhir bulan lalu menyebutkan, Lemon8 tak terlihat dalam daftar 200 aplikasi peringkat aplikasi App Store di AS
Memang belum diketahui alasan kepopuleran Lemon8 belakangan ini. Apalagi ini terjadi saat Tiktok menghadapi ancaman blokir dari pemerintah AS.
Insider melaporkan jika Bytedance memang berusaha sekuat tenaga mendorong kepopuleran Lemon8 di AS dan Inggris. Ini sudah terjadi sejak bulan Februari lalu.
Salah satu yang dilakukan Bytedance dengan membayar para kreator mengunggah postingan di dalam Lemon8. Langkah ini memang membuat banyak kreator mempromosikan aplikasi selama beberapa waktu terakhir.
Lemon8 sendiri sudah berumur tiga tahun sejak diluncurkan 2020 lalu. Sejauh ini, menurut laporan Apptopia, aplikasi telah diuduh sebanyak 16 juta kali di seluruh dunia.
Namun negara terbanyak pengunduh aplikasi bukanlah AS. Lemon8 begitu populer di Jepang, bahkan mengantongi 38% jumlah download dari negara itu saja.
Sementara itu, Apptopia memperkirakan pengguna aktif bulanan Lemon8 di AS sekarang berkisar 4,25 juta. Tapi klaim tersebut belum dikonfirmasi oleh Lemon8.
Lemon8 memang punya daya tarik tersendiri. Misalnya terkait desain yang dianggap kekinian.
Hal ini juga yang diungkapkan oleh kreator, Gabrielle Victor. “Aplikasi ini lucu sekali. Sangat bagus secara estetika. Modelnya seperti Pinterest digabung dengan Instagram,” jelasnya.